Kajari Muba yang diwakili Kasi Intellijen Kejari Muba Hadiri Rapat Koordinasi Dalam Rangka Antisipasi Lonjakan COVID-19 di Muba.

SEKAYU, MUBA- Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP diwakili Sekda Drs H Apriyadi MSi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah lakukan Rapat Koordinasi dalam rangka Antisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate, Selasa (15/2/2022)

Menurut Apriyadi bahwa saat ini perlu dilakukan sosialisasikan kembali kepada masyarakat agar tetap waspada dan tetap patuhi protokol kesehatan terhadap penularan COVID-19 terutama terhadap varian baru ini yaitu Omicron yang penularannya sangat cepat, termasuk memaksimalkan vaksinasi.

“Saat ini kita zona kuning, jadi kita harus bertahan jangan sampai menjadi zona merah, karena varian Omricon penularannya sangat cepat, jadi kerumunan-kerumunan itu juga perlu dibatasi sehingga tidak mengakibatkan terjadinya penularan. Selain itu, PTM 100 % juga perlu dilakukan pertimbangan kembali . Dan untuk Dinas yang karyawannya terkonfirmasi positif COVID-19 cukup banyak segera lakukan WFH 75 %,”ungkap Apriyadi.

Guna mendukung langkah pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan kasus ini, Apriyadi juga mengimbau kerja sama dan partisipasi masyarakat untuk tetap membatasi mobilitas, bersikap proaktif melaporkan kasus dan kontak erat, mendatangi puskesmas atau isolasi mandiri bila terdeteksi sebagai kasus positif, serta segera mendapatkan suntikan vaksin.

Senada kepala Dinkes, dr H Azmi Dariusmansyah, MARS menjelaskan bahwa Angka reproduksi efektif (Rt) Muba selama pemantauan 14 hari terakhir masih terdapat angka satu. Menurut Azmi virus masih sangat berpotensial menyebar untuk angka Rt diatas 1 artinya penularan dari 1 orang berpotensial menularkan ke lebih 2-3 orang.

“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kita harus menunda kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa, kita harus tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan,”terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Muba Marcos MM SimareMare, S.H. M.Hum diwakili Kasi Intel Abu Nawas SH mengatakan Polres Muba, Dandim 0401 Muba bersama Kejaksaan Negeri Muba siap mendukung kebijakan Pemkab Muba demi keselamatan bersama.

“Kami pada intinya sangat mendukung dan mensupport kebijakan pemerintah demi menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat di Kabupaten Muba. Kami juga menyarankan agar sikap kesiapsiagaan kita terus ditingkatkan, diantaranya perlu dilakukan sosialisasi di pasar tradisional Randik, serta pasar-pasar tradisional lainnya yang di ada di Kabupaten Muba, bila perlu melakukan penindakan terhadap masyarakat yang lalai terhadap protokol kesehatan, untuk keselamatan kita bersama,” ungkap Kasi Intell Kejari Muba Abu Nawas, S.H.